PENGARUH SCAFFOLDING MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN SARIREJO 2

Andriyani, Idha Slamet (2024) PENGARUH SCAFFOLDING MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN SARIREJO 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000005_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Pembelajaran matematika menjadi materi yang diajarkan disemua jenjang pendidikan, utamanya sekolah dasar. Untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, guru hendaknya menggunakan pendekatan dan media pembelajaran yang menarik perhatian. Salah satunya yaitu scaffolding media flash card. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh scaffolding media flash card terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas III SDN Sarirejo 2. Metode yng digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif one group pretest posttest design. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas III SDN Sarirejo 2 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tesberbentuk isian singkat berjumlah 10 soal untuk pretest dan 10 soal untuk posttest. Hasil yang didapatkan yaitu (1) terdapat pengaruh scaffolding media flash card terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata pelajaran matematika dikelas III SDN Sarirejo 2 dengan adanya kenaikan pada hasil pretest dimana rata-rata nilai siswa diperoleh sebesar 64 dan pada saat posttest naik menjadi 83,5. (2) Berdasarkan uji paired t test didapatkan hasil terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang signifikan antara metode 1 ( tanpa menggunakan scaffolding media flash card) dengan metode 2 (menggunakan scaffolding media flash card). Kata Kunci : Scaffolding media flash card, Pengaruh, Kemampuan pemahaman konsep matematis, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35297

Actions (login required)

View Item View Item