PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBANTUAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 SD NEGERI DEMAAN

Apriliya, Bela Fina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBANTUAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 SD NEGERI DEMAAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000002_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) berbantuan monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD Negeri Demaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan berbantuan monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk design Quasi experimental design. Bentuk desain Quasi Experimental Design yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Desaign. Subjek penelitian ini berjumlah 45 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 44.0625 dan posttest diperoleh hasil 80.6250 Dibuktikan juga melalui uji paired sample t test kelas eksperimen hasil terlihat pada kolom Lower dan Upper diperoleh nilai keduanya negative yaitu Lower sebesar -41,89842 Upper sebesar - 31,22658 dan memperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0.000 berarti nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:51
Last Modified: 07 Aug 2024 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35291

Actions (login required)

View Item View Item