TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL “ANCIKA:DIA YANG BERSAMAKU TAHUN 1995” KARYA PIDI BAIQ DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR PENULISAN PIDATO PERSUASIF KELAS VIII SMP

Artavia, Putri Nita (2024) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL “ANCIKA:DIA YANG BERSAMAKU TAHUN 1995” KARYA PIDI BAIQ DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR PENULISAN PIDATO PERSUASIF KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000036_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Tuturan yang diujarkan pada setiap interaksi manusia memiliki maksud dan makna tertentu. Adanya tindak tutur direktif maka dapat mengetahui bagaimana makna dalam setiap tuturan seseorang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana bentuk, fungsi tindak tutur direktif dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 dan relevansinya sebagai materi ajar pidato persuasif Fase D kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq dan data dalam penelitian ini yaitu bentuk tindak tutur direktif dalam percakapan novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Teknik penelitian ini menggunakan teknik simak-catat. Kemudian data yang diperoleh dianalisis. Penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh oleh peneliti sebanyak 59 data bentuk tindak tutur direktif yang berupa 6 permintaan, 13 perintah, 3 pemberian izin, 3 larangan, 31 pertanyaan, 3 nasihat, dan 59 data fungsi tindak tutur direktif yang berupa 3 meminta, 13 memerintah, 3 pemberian izin, 3 melarang, 31 menanyakan, dan 3 menasihati. Hasil penelitian tindak tutur direktif dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 dapat direlevansikan sebagai materi ajar teks pidato persuasif kelas VIII SMP. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian sebagai bahan ajar yang disampaikan pada modul ajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dari hasil penelitian data yang ditemukan ada beberapa yang dapat dijadikan sebagai relevansi dalam menulis teks pidato persuasif. Kata Kunci: Bentuk tindak tutur direktif, fungsi tindak tutur direktif, relevansi pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:15
Last Modified: 06 Aug 2024 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35279

Actions (login required)

View Item View Item