SATIRE PADA TUTURAN KONTEN MALING DI KANAL YOUTUBE HAS CREATIVE DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI MEDIA AJAR TEKS ANEKDOT SMA KELAS X

Karim, Taufik Akbar (2024) SATIRE PADA TUTURAN KONTEN MALING DI KANAL YOUTUBE HAS CREATIVE DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI MEDIA AJAR TEKS ANEKDOT SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000023_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

MALING (Mamat Keliling) merupakan sebuah konten podcast yang terdapat dalam kanal YouTube HAS Creative. Gaya bahasa satire banyak dituturkan oleh bintang tamu pada konten MALING pada kanal YouTube HAS Creative yang menarik unuk ditelitti. Gaya bahasa satire digunakan untuk mengungkapkan atau mengekspresikan kritikan/sindiran terhadap peristiwa tertentu. Mamat Alkatri sendiri sering menggunakan gaya bahasa sindiran yang dibalut dengan komedi sebagai bentuk kritikan terhadap pemerintah Indonesia atau tokoh tertentu yang dituju. Terdapat beberapa bintang tamu yang didatangkan dengan latar belakang yang beragam. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 4 video dalam kanal YouTube HAS Creative. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan jenis satire yang terdapat pada pada konten MALING (Mamat Keliling) pada kanal YouTube HAS Creative (2) mendeskripsikan makna satire yang terdapat pada pada konten MALING (Mamat Keliling) pada kanal YouTube HAS Creative (3) mendeskripsikan pemanfaatan gaya bahasa satire dalam penyusunan media ajar teks anekdot SMA kelas X. Adapun manfaat secara teoritis penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengetahuan tentang kajian bahasa terutama gaya bahasa satire. penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan tambahan tentang analisis keragaman bahasa, terutama bahasa satire. Sedangkan manfaat praktis, diharapkan bahwa penelitian ini akan menambah pengetahuan baru tentang bahasa satire, yang merupakan jenis gaya bahasa, selain itu penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau pertimbangan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bahasa satire dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini data yang diperoleh sebanyak 44 data yang berupa kalimat satire, yang terdiri dari 18 jenis satire halus dan 26 jenis satire kasar. Gaya bahasa satire yang terdapat dalam video konten MALING (Mamat Keliling) memilki makna yang bermacam-macam. Dari analisis data tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penyusunan media ajar teks anekdot SMA kelas X. Kata kunci: Gaya bahasa, satire, konten MALING, Pemanfaatanya sebagai media ajar teks anekdot SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:25
Last Modified: 02 Aug 2024 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35271

Actions (login required)

View Item View Item