PERUNDUNGAN VERBAL DALAM NOVEL LHO KEMBAR KOK BEDA? KARYA NETTY VIRGIANTINI DAN IMPLIKASINYA PADA MATERI AJAR MENULIS CERPEN KELAS XI SMA

Eriyani, Dwi (2024) PERUNDUNGAN VERBAL DALAM NOVEL LHO KEMBAR KOK BEDA? KARYA NETTY VIRGIANTINI DAN IMPLIKASINYA PADA MATERI AJAR MENULIS CERPEN KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000010_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Fenomena perundungan yang terjadi dalam dunia pendidikan merupakan salah satu contoh dari persoalan sosial yang sering terjadi di dunia pedidikan Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perundungan verbal, faktor penyebab perundungan, dampak perundungan pada novel Lho Kembar Kok Beda? dan implikasinya pada materi ajar menulis cerpen kelas XI SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitataif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Lho Kembar Kok Beda? karya Netty Virgiantini dan data dalam penelitian ini adalah bentuk perundungan verbal dalam novel Lho Kembar Kok Beda? karya Netty Virgiantini. Teknik penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis. Penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh peneliti, berjumlah 13 data dari jumlah bentuk perundungan verbal, faktor penyebab perundungan, dan dampak perundungan. Perundungan verbal mengejek sebanyak 4 data, perundungan verbal mempermalukan 1 data, perundungan verbal merendahkan 3 data, perundungan verbal menjuluki panggilan 2 data. Jadi total data yang diperoleh pada perundungan verbal sebanyak 10 data. Faktor penyebab perundungan yang diperoleh sebanyak 2 data, faktor keluarga sebanyak 1 data, dan faktor teman sebaya sebanyak 1 data. Dampak perundungan yang di peroleh sebanyak 1 data yaitu rasa malu dan ingin menyendiri. Hasil penelitian perundungan verbal pada novel Lho Kembar Kok Beda? karya Netty Virgiantini diimplikasikan pada materi ajar menulis cerpen. Hasil penelitian perundungan verbal pada novel Lho Kembar Kok Beda? karya Netty Virgiantini dapat diimplikasikan pada materi ajar menulis Cerpen kelas XI SMA. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran yang dapat disampaikan melalui modul ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Terdapat beberapa data yang menarik untuk dijadikan sebagai implikasi menulis cerpen. Kata Kunci: bentuk perundungan verbal, faktor penyebab perundungan, dampak perundungan, dan implikasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:40
Last Modified: 06 Aug 2024 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35263

Actions (login required)

View Item View Item