PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK MELALUI GEOMATH SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA

Huda, Fatchul (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK MELALUI GEOMATH SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000037_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000037_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif berbasis coding untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahap penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan 3D. sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-4 SMA Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket yang meliputi angket validasi ahli media, dan materi untuk mengetahui Tingkat kelayakan media pembelajaran. Angket respon siswa didwa diberikan untuk menguji kepraktisan media. Sedangkan nilai pre-test dan post-test untuk mengetahui Tingkat keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor 4,13, hasil validasi ahli materi 4,045 dari skol maksimal 5 sehingga projek yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak. (2) Hasil angket respon siswa memperoleh 96,8% sehingga projek yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. (3) hail rata-rata nilai pre-test siswa adalah 80,16. Sedangkan rata-rata nilai post-test siswa adalah 90,65. Jadi dari hasil rata-rata nilai siswa pre-test dan post-test dikategorikan efektif dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa. Kata Kunci: Projek Geomath, Scratch, kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:06
Last Modified: 05 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35236

Actions (login required)

View Item View Item