ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Utari, Medi Dwi (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000022_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Bentuk kesiapan siswa dalam memenuhi kebutuhan dunia melalui Pendidikan abad 21 adalah dengan memiliki kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum optimal. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dapat disebabkan karena pembelajran kurang melibatkan siswa aktif dalam kegiatan memecahkan masalah nyata yang mampu mengkonstruksi pengetahuan siswa karena perolehan pengetahuan masih berpusat pada guru. Solusi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu dengan pembelajaran berbasis STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri 2 Kota Semarang yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, Lembar Kerja Siswa Berbasis STEM, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran statistika berbasis STEM dilaksanakan melalui tahap ask, imagine, plan, create dan improve selama tiga pertemuan. Siswa disajikan suatu permasalahan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata yang berkaitan dengan materi kemudian pada tahap ask siswa mengidentifikasi masalah dan pertimbangan pengetahuan sebelumnya yang relevan, tahap imagine siswa memikirkan atau membayangkan cara menyelesaikan masalah berdasarkan konsep dengan memilih ide atau solusi yang terbaik. Tahap plan siswa membuat langkah-langkah penyelesaian agar solusi dapat digunakan secara nyata, selanjutnya pada tahap create siswa melaksanakan atau menghasilkan penyelesian sesuai dengan langkah yang dibuat dan pada tahap improve siswa menafsirkan hasil yang diperoleh dengan membuat kesimpulan. Dari pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan integrasi aspek science, technology, engineering dan mathematics dapat terjadi dan terlaksana dengan baik sehingga berakibat pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 80,87% yang dikategorikan Baik setelah pembelajaran STEM. Kata Kunci: pembelajaran STEM, kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:33
Last Modified: 07 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35235

Actions (login required)

View Item View Item