STUDI KOMPARASI MUATAN HIGHER ORDER THINKING AND SKILLS PADA SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA MENENGAH ATAS INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT

Rohman, Juli Hidayatur (2024) STUDI KOMPARASI MUATAN HIGHER ORDER THINKING AND SKILLS PADA SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA MENENGAH ATAS INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada perbandingan prosentase muatan Higher Order Thinking and Skills pada soal dari dua buku teks matematika tingkat menengah atas yang berbeda negara antara Indonesia dan Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif berfokus pada Literature Study. Subjek dari penelitian adalah buku teks matematika Indonesia kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka dan buku teks matematika Amerika Serikat berjudul Carnegie Learning High School Math Solution Integrated. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa prosentase muatan HOTS pada buku teks Indonesia kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka adalah sebesar 74,83 % dari total 143 soal. Kemudian, prosentase muatan HOTS pada buku teks Amerika Serikat Carnegie Learning High School Math Solution Integrated adalah sebesar 92,31 % .Lalu, perbedaan prosentase pada keduanya dinilai cukup signifikan karena memiliki selisih 17,48 %. Namun, pada kedua buku tersebut, soal didalamnya telah memuat HOTS secara menyeluruh. Selain itu, penyajian soal pada buku teks Amerika Serikat dinilai lebih efisien menunjang HOTS itu sendiri. Kata Kunci : Buku Teks, Buku Teks Indonesia, Buku Teks Amerika Serikat, Higher Order Thinking and Skills.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:00
Last Modified: 06 Aug 2024 08:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item View Item