ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI WATSON

Utami, Intan (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI WATSON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000016_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Songgom dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson sesuai dengan kriteria pengelompokkan siswa dan faktor penyebab siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Songgom melakukan kesalahannya. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa dengan teknik purposive snowball. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Secara umum Kesalahan yang dilakukan siswa adalah manipulasi tidak langsung, yaitu dengan memindahkan nilai koefisien dari variabel tertentu ke bagian yang lain untuk memperoleh nilai variabel yang dicari. Siswa kategori atas melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung dan konflik level respon. Siswa kategori sedang melakukan kesalahan data hilang, manipulasi tidak langsung dan masalah hierarki keterampilan. Siswa kelompok bawah melakukan kesalahan prosedur tidak tepat, data hilang, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, kesimpulan hilang dan selain ketujuh kategori tersebut. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa antara lain, mengalami miskonsepsi kesalahan proses-objek, faktor kesengajaan dan buru-buru, kurang fokus dan teliti serta kurang memahami operasi bilangan, tidak kepikiran untuk menulis langkah-langkah dan tidak megetahui langkah selanjutnya untuk menyelesaikannya, lupa dan belum menyelesaikan soal sehingga otomatis tidak menuliskan kesimpulan, kesulitan dalam memahami soal sampai waktu yang diberikan habis. Kata Kunci: Analisis kesalahan, Teori Watson, Literasi Matematika, Materi SPLDV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:59
Last Modified: 06 Aug 2024 07:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35231

Actions (login required)

View Item View Item