REPRESENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KARAKTER RIMURU TEMPEST DALAM ANIME “TENSEI SHITARA SLIME DATTA KEN” (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL CHARLES SANDERS PIERCE)

AJI, HALIM SENO (2024) REPRESENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KARAKTER RIMURU TEMPEST DALAM ANIME “TENSEI SHITARA SLIME DATTA KEN” (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL CHARLES SANDERS PIERCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000048_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000048_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbekalangi oleh banyaknya pemimpin di Indonesia yang beberapa kali tertangkap kamera melakukan blunder atau mengambil beberapa keputusan yang cukup kontroversial. Atas dasar itulah penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana gaya kepemimpinan karakter ini ditampilkan dan bagaimana pendekatan ini berkontribusi pada narasi dan interaksi antar-karakter. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana tindakan itu digambarkan alam sebuah film animasi. Meskipun banyak karya seni menampilkan kepemimpinan, penelitian yang secara khusus menganalisis representasi kepemimpinan dalam anime masih terbatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika model Charles Sanders Peirce. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma Konstuktivisme. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan analisis dokumen dan riset kepustakaan. Untuk memperkuat analisis, penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rimuru Tempest memiliki gaya kepemimpinan yang dinamis dan berubah-ubah sesuai dengan perkembangan situasi dan kebutuhan kelompok, hal ini terlihat dari cara bagaimana rimuru menghadapi situasi serta tekanan yang ada dan keterlibatan karakter alam pengambilan keputusan. Kata Kunci : Rimuru Tempest, Tensei Shitara Slime Datta Ken, Kepemimpinan, Semiotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:08
Last Modified: 05 Aug 2024 06:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35214

Actions (login required)

View Item View Item