PENYELESAIAN SENGKETA TENTANG KONSINYASI UANG GANTI RUGI PENGADAAN TANAH JALAN TOL BATANGSEMARANG [STUDI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN TINGGI SMG, PERKARA NO. 385/PDT/2020/PT SMG]

Wiryawan, Rizal Andi (2024) PENYELESAIAN SENGKETA TENTANG KONSINYASI UANG GANTI RUGI PENGADAAN TANAH JALAN TOL BATANGSEMARANG [STUDI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN TINGGI SMG, PERKARA NO. 385/PDT/2020/PT SMG]. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000512_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000512_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

Penyelesaian sengketa tentang konsinyasi uang ganti rugi pengadaan tanah di Pengadilan, adalah bentuk alternatif penyelesaian secara mediasi di Pengadilan. Metode ini memberikan kesempatan kepada para pihak untuk berperan aktif dalam mengambil inisiatif, guna menyelesaikan sengketa yang dibantu oleh pihak ke satu sebagai mediator dan penggugat dalam kasusnya. Prinsip mediasi adalah untuk sama-sama memberikan gambaran kasusnya masing-masing, berdasarkan kesaksiannya dalam persidangan. Berdasarkan dalam pandangan Hukum yang konkret. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui kronologi sebab terjadinya sengketa konsinyasi kepada Penggugat dalam Pengadaan Tanah yang bersangkutan Untuk mengetahui bentuk penyelesaian gugatan atas sengketa konsinyasi yang menimpa terhadap Penggugat di Pengadilan Negeri Kendal. Untuk mengetahui bentuk pertanggung jawaban terhadap Penggugat atas kerugian yang ditaksir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Yuridis Normatif, dengan pendekatan ini, penulis menggunakan analisis data kualitatif yang menghasilkan data deskriptif analisis. Hal itu diimplementasikan dalam penelitian karena penulis menggunakan implikasi penelitian pada study kasus putusan Pengadilan Tinggi (PUTUSAN PERKARA NO. 385/PDT/2020/PT SMG). Hasil penelitian ini ditujukan kepada Penggugat terkait beberapa faktor terjadinya persengketaan uang ganti rugi yang dititipkan ke Pengadilan (Konsinyasi), terhadap Tergugat sebagai pejabat pelaksana, dan kepala daerah Kendal (Bupati). Yang terlibat ikut campur atas urusan uang ganti rugi yang dititipkan di Pengadilan. Kata kunci: Sengketa Konsinyasi, Uang, Pengadaan Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:12
Last Modified: 05 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35188

Actions (login required)

View Item View Item