ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA KELALAIAN DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA (Studi Putusan Nomor 115/Pid.Sus/2023/PN Rbg)

Bahtiar, Ardyan Fahmi (2024) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA KELALAIAN DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA (Studi Putusan Nomor 115/Pid.Sus/2023/PN Rbg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000335_fullpdf.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000335_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Peristiwa kecelakaan lalu lintas (lakalantas) haruslah dipisahkan antara pelanggaran dan kejahatan. Karena untuk melakukan penuntutan didepan hukum maka kejadian yang terjadi haruslah merupakan kejahatan, sementara pada kecelakaan lalu lintas kejahatan yang terjadi merupakan kejahatan yang tidak disengaja atau dikarenakan oleh tindakan kelalaian atau kealpaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan hukum pidana materiil terhadap tindak pidana kelalaian dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia dan Untuk mengetahui putusan hakim terhadap tindak pidana kelalaian dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Jenis dan sumber data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data sekunder yang terbagi menjadi 3, yaitu Bahan hukum primer, Bahan hukum sekunder, dan Bahan hukum tersier. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu penerapan hukum pidana materiil terhadap tindak pidana kelalaian dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia dalam putusan Nomor 115/Pid.Sus/2023/PN Rbg, dengan dihadirkannya saksi-saksi dan barang bukti, menyatakan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana kelalaian dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 4 bulan sebagaimana diatur dalam Pasal 310 ayat 4 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan. Dan putusan hakim terhadap tindak pidana kelalaian dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia dalam putusan Nomor 115/Pid.Sus/2023/PN Rbg adalah dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa telah mempertimbangkan keadaan yang memberatkan dan meringankan. Keadaan yang memberatkan yaitu Perbuatan Terdakwa menyebabkan korban meninggal dunia dan Terdakwa pernah dihukum, sedangkan Keadaan yang meringankan yaitu Terdakwa memberikan santuanan kepada keluarga korban dan Terdakwa berterus terang mengakui perbuatannya. Kata Kunci: Tindak pidana, Kelalaian, Kecelakaan Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:07
Last Modified: 05 Aug 2024 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35184

Actions (login required)

View Item View Item