PENANGANAN KELUHAN SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN DELTA COFFEE ROASTER

Fernando, Alfin (2024) PENANGANAN KELUHAN SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN DELTA COFFEE ROASTER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000014_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Kemajuan pesat dalam dunia bisnis saat ini menyebabkan persaingan yang ketat, menuntut perusahaan untuk menjadi kreatif dan inovatif. Salah satu sektor yang menghadapi persaingan tinggi adalah industri kopi. Dalam persaingan bisnis, perusahaan harus memiliki loyalitas pelanggan yang tinggi agar tidak kehilangan pelanggan. Kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan menjadi faktor penting dalam membangun loyalitas pelanggan. Jika semua faktor ini terpenuhi, konsumen cenderung akan setia terhadap suatu bisnis atau produk. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang dipilih berdasarkan purposive sampling dan data sekunder diperoleh dari dokumen, buku, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori marketing mix 4C. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil Penelitian ini, Delta Coffee Roaster menerapkan Strategi komunikasi pemasaran yang unik dan sangat berbeda dari Coffee Roaster yang lainnya seperti penggunaan banyak sumber media untuk bisa menyampaikan keluhannya, kemudian penanganan yang ditangani oleh sistem yang sudah berjalan dengan kerjasama dari beberapa Divisi, dan penanganan keluhan yang itu berorientasi pada kepuasan dari konsumen. Delta Coffee Roaster juga melakukan pendekatan yang efektif dalam menanggapi keluhan konsumen memiliki dampak yang signifikan dalam konteks pemasaran dan hubungan pelanggan. Delta Coffee Roaster memiliki pendekatan yang holistik dalam menangani keluhan konsumen. Mereka tidak hanya memberikan perhatian terhadap aspek teknis penyelesaian masalah, tetapi juga memperhatikan aspek emosional dan psikologis konsumen. Meskipun strategi tersebut sudah membuahkan hasil yang positif, namun masih diperlukan pengoptimalan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan dan kepercayaan konsumen Delta Coffee Roaster sangat di pengaruhi oleh penanganan keluhan yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Delta Coffee Roaster dalam mencapai tujuan perusahaan, terutama dalam penanganan keluhan sebagai upaya peningkatan kepuasan dan membangun kepercayaan konsumen. Keterbatasan dalam penelitian ini Kurangnya teori pada saat melakukan penelitian, peneliti sadar tentang hal ini disebabkan oleh pengetahuan dari peneliti yang masih kurang. Jumlah informan yang masih sedikit membuat data dari peneliti memiliki kekurangan. Keterbatasan waktu dan tenaga sehingga membuat penelitian ini masih kurang maksimal. Kata Kunci : Strategi Penanganan keluhan, Delta Coffee Roaster, Kepuasan & Kepercayaan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:04
Last Modified: 05 Aug 2024 06:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35179

Actions (login required)

View Item View Item