STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SD ISLAM BINTANG JUARA SEMARANG

Anifa, Iyana (2024) STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SD ISLAM BINTANG JUARA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya SD Islam Bintang Juara Semarang dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah siswa agar dapat mengahadapi persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat melalui strategi promosi. Strategi promosi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan meyakinkan konsumen akan manfaat dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SD Islam Bintang Juara dan mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi promosi jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SD Islam Bintang Juara Semarang. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif oleh Miles dan Huberman. Paradigma yang dipakai adalah paradigma konstruktivis yang melibatkan peneliti dalam interaksi dengan pihak SD Islam Bintang Juara Semarang. Landasan teori yang digunakan adalah teori penyusunan tindakan dari Jhons Greene. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi promosi yang dilakukan SD Islam Bintang Juara Semarang adalah dengan menggunakan bauran promosi yang terdiri dari penjualan pribadi, penjualan massal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Keberhasilan strategi promosi jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang dilihat dari jumlah siswa per tahunnya dengan strategi promosi yang paling efektif adalah word of mouth atau member get member melalui kerja sama yang dilakukan dengan TK Islam Bintang Juara Semarang, pelanggan jasa pendidikan SD Islam Bintang Juara Semarang, dan dokter tumbuh kembang anak yang memberikan rekomendasi. Keterbatasan penelitian ini adalah kurangnya teori dan informan yang digunakan, selain itu juga keterbatasan waktu dan tenaga sehingga membuat penelitian masih kurang maksimal. Kata kunci: Strategi promosi, jasa pendidikan, upaya meningkatkan jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:22
Last Modified: 06 Aug 2024 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35177

Actions (login required)

View Item View Item