REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM RANAH DOMESTIK PADA IKLAN ACE HARDWARE INDONESIA VERSI #BISAKEJADIAN DI MEDIA ONLINE YOUTUBE

Dewi, Tri Ratna (2024) REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM RANAH DOMESTIK PADA IKLAN ACE HARDWARE INDONESIA VERSI #BISAKEJADIAN DI MEDIA ONLINE YOUTUBE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900081_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900081_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Pada penelitian ini, penulis menganalisis representasi kesetaraan gender dalam ranah domestik pada iklan ACE Hardware versi #BisaKejadian yang ada di media online youtube. Iklan adalah sebuah proses penyampaian pesan dari suatu perusahaan kepada masyarakat tentang produk atau layanan yang dimilikinya, kemampuan iklan dalam membentuk realitas dan mempengaruhi persepsi masyarakat telah mengakibatkan perubahan dalam gaya hidup dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik analisis semiotik model Charles Sander Pierce. Berdasarkan penggunaan triadic Charles Sander Pierce yaitu, sign, object, dan interpretant. Dalam Iklan ACE Hardware versi #BisaKejadian ini menggambarkan kesetaraan gender dalam hubungan keluarga, dilihat dari pemenuhan hak istri untuk bisa dibantu dalam pekerjaan utamanya di ranah domestik. Hal tersebut ditunjukkan dengan seorang suami yang mampu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti merapikan baju, menjemur handuk basah, membersihkan noda jamur di wastafel, merapikan sepatu, dan memasak. Penelitian ini diharapkan untuk masyarakat agar dapat melihat iklan dengan sudut pandang yang berbeda sehingga menciptakan makna yang lebih dalam. Kata Kunci: kesetaraan gender, ranah domestik, iklan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:39
Last Modified: 06 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35174

Actions (login required)

View Item View Item