ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WARDAH DALAM MEMBANGUN CITRA HALAL DI PASAR KOSMETIK INDONESIA (Pendekatan Kualitatif Pada Konsumen Beragama Muslim Di Semarang)

Fatchurrachman, Fatchurrachman (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WARDAH DALAM MEMBANGUN CITRA HALAL DI PASAR KOSMETIK INDONESIA (Pendekatan Kualitatif Pada Konsumen Beragama Muslim Di Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900038_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Strategi marketing diperlukan untuk membangun dan emmperkuat citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif data kualitatif Miles dan Huberman, di mana dinyatakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis dengan melibatkan peneliti bersosialisasi dengan pihak Marketing Wardah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing mix dan 4P (Product, Price, Place, Promotion) untuk membentuk dan mempertahankan ekuitas merek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Wardah berhasil membangun citra halal di pasar Semarang melalui strategi pemasaran yang efektif menggunakan Teori Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion). Kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) Muslimah memperkuat kesadaran dan kepercayaan konsumen akan kehalalan produk mereka. Selain itu, kolaborasi dengan brand seperti Aura memperluas distribusi dan portofolio produk Wardah, memperkenalkan konsep gaya hidup muslim. Melalui kegiatan seperti Beauty Class dan platform Wardah Youth Ambassador (WYA), Wardah mampu memperluas jangkauan merek dan meningkatkan loyalitas konsumen. Strategi ini mengukuhkan posisi Wardah sebagai merek kosmetik halal terkemuka di Indonesia. Kata Kunci : Strategi, Marketing, Wardah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:15
Last Modified: 05 Aug 2024 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35170

Actions (login required)

View Item View Item