ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE POSITIF (STUDI KASUS PADA WISATA DUSUN SEMILIR)

Amala, Akshanul (2024) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE POSITIF (STUDI KASUS PADA WISATA DUSUN SEMILIR). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900012_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Dusun Semilir mengalami penurunan kepercayaan pengunjung secara signifikan. Hal ini melibatkan peran marketing komunikasi bersama dengan public relations Dusun Semilir dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Hal ini menjadi tantangan bagi Dusun Semilir untuk mengembalikan kepercayaan konsumen pada perusahaan sehingga yang pada awalnya sudah tinggi menjadi terkikis. Seperti saat terjadinya krisis, kepercayaan public terhadap perusahaan akan terjadi penurunan, disini public relations berperan penting. Citra merek (brand image) yang merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan dalam identifikasi masalah diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi komunikasi dalam meningkatkan brand image positif pada objek wisata Dusun Semilir. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif deskriptif.Penelitian kualitatif mengacu pada penelitian tentang suatu isu yang berkaitan dengan aspek makna,kualitas, atau nilai dibalik fakta. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang cenderung menggunakan analisis dan melakukan pengamatan yang mendalam Media sosial berperan dalam membentuk preferensi dan keputusan pembelian Generasi Z.Dusun Semilir saat ini menggunakan saluran pemasaran online untuk menjangkau pelanggannya. Channel yang digunakan oleh Dusun Semilir yaitu Instagram, Tiktok, Youtube, dan Facebook. Objective nya adalah sell, serve dan speak.Strategi nya adalah dengan memperhatikan segmentasi dan target pasar. Sedangkan Taktik yang digunakan yaitu menjaga Fasilitas,mengadakan event, dan diskon harga. Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Dusun Semilir di media sosial berfokus pada tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan serta keterampilan dalam promosi yang beragam. Adapun strategi komunikasi pemasaran yang diputuskan oleh Dusun Semilir yaitu memberikan diskon tiket masuk, memberikan penawaran, give away, dan event event yang dipercaya dapat menarik pengunjung. Penyebaran informasi melalui media sosial tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan media sosial. Keyword : Strategi Komunikasi, Brand Image, Dusun Similir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:56
Last Modified: 05 Aug 2024 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35165

Actions (login required)

View Item View Item