ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN 3 ANAK DI LUWU TIMUR SERTA KASUS TEDDY MINAHASA DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM, DAN CNNINDONESIA.COM

Barri, Muhammad Sa’idul (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN 3 ANAK DI LUWU TIMUR SERTA KASUS TEDDY MINAHASA DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM, DAN CNNINDONESIA.COM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700024_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis framing pemberitaan kasus pemerkosaan tiga anak di Luwu Timur serta kasus Teddy Minahasa di media online Kompas.com dan CNNIndonesia.com. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana media mengkonstruksi berita mengenai kasus-kasus tersebut. Menggunakan teori framing oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, penelitian ini mengeksplorasi aspek sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam pemberitaan. Temuan menunjukkan bahwa kedua media memiliki cara berbeda dalam membingkai berita: Kompas.com lebih menekankan pada dampak sosial dan ideologi media, sementara CNNIndonesia.com fokus pada aspek hukum dan proses pengadilan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis bagi studi komunikasi dan praktis bagi instansi terkait dalam memahami pentingnya menjaga citra dan nilai institusi di mata publik. Kata Kunci: Framing, media, pemerkosaan, Luwu Timur, Teddy Minahasa, Kompas.com, CNNIndonesia.com.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:11
Last Modified: 05 Aug 2024 02:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35151

Actions (login required)

View Item View Item