STRATEGI MENARIK MINAT BELI PADA MEREK BARU: STUDI EMPIRIS PERAN PENGENALAN MEREK DAN KEAKRABAN MEREK DALAM PERSEPSI KUALITAS

Faruq, Muhammad Umar (2024) STRATEGI MENARIK MINAT BELI PADA MEREK BARU: STUDI EMPIRIS PERAN PENGENALAN MEREK DAN KEAKRABAN MEREK DALAM PERSEPSI KUALITAS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300121_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi model konseptual tentang bagaimana menarik minat beli pada merek baru dengan pengenalan dan keakraban merek, serta peran mediasi faktor persepsi kualitas. Responden dalam penelitian ini adalah 267 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria seseorang yang pernah mengkonsumsi produk Mako Cake and Bakery di Kota Semarang. Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative reasearch dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 4 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan variabel pengenalan merek, keakraban merek dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada merek baru. Sebagai merek baru, pengenalan dan keakraban merek menjadi prasyarat dasar yang diperlukan untuk menarik minat beli. Konsumen juga memiliki kecenderungan menggunakan persepsi kualitas dalam membentuk minat beli pada merek baru. Dimana persepsi kualitas dapat terbentuk dari pengenalan dan keakraban konsumen terhadap merek. Hal ini juga terkait dengan perilaku konsumen pada minat beli merek baru. Konsumen bisa saja membeli merek yang sudah lama dan terkenal, akan tetapi juga memiliki dorongan atau keinginan untuk mengeksplorasi merek baru yang dipengaruhi oleh persepsi mereka bahwa merek baru hadir dengan menawarkan kualitas yang lebih baik. Temuan penelitian ini dapat memberikan implikasi manajerial bagi entitas merek baru yakni dapat digunakan sebagai gambaran dalam menentukan strategi yang tepat untuk memikat hati konsumen atau menarik minat beli dengan membangun pengenalan dan keakraban merek, sehingga terbentuk persepsi yang baik terhadap merek. Kata Kunci: Pengenalan Merek, Keakraban Merek, Persepsi Kualitas, Minat Beli Merek Baru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:52
Last Modified: 02 Aug 2024 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35109

Actions (login required)

View Item View Item