SOFIYANA, SOFIYANA (2024) ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SD MUHAMMADIYAH 04 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000128_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000128_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
Abstract
Pentingnya pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini akan berdampak baik untuk perkembangan seseorang agar mampu memahami nilai-nilai islam yang mendasar, seperti keyakinan, tindakan yang jujur, kasih sayang, tolong menolong dan saling penghormati. Dengan adanya nilai-nilai yang telah difahami, harapan besar untuk terus mendekatkan diri kepada Allah sehingga menjadi orang-orang pilihan dan Istimewa dipandangan-Nya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses budaya sekolah dalam pembentukan karakter religius di SD Muhammadiyah 04 Semarang (2) Mengetahui karakter religious siswa di SD Muhammadiyah 04 Semarang. (3) Mengetahui peran budaya sekolah dalam pembentukan karakter religious siswa SD Muhammadiyah 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data dan uji keabsahan data. Dengan mengambi dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diambil dengan melakukan wawancara langsung Bersama kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru kelas dan peserta didik SD Muhammadiyah 04 Semarang, sedangkan data sekunder diambil dari buku, jurnal dan dokumen atau data sekolah sebagai pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) budaya sekolah yang telah diterapkan SD Muhammadiyah 04 Semarang dapat mempengaruhi karakter peserta didik melalui pembiasaan-pembiasaan yang telah diterapkan di sekolah tersebut. (2) Melalui budaya sekolah, peserta didik memiliki karakter yang patuh, taat dan disiplin dalam aturan dan pembiasaan di sekolah. Contohnya sepeti anak membawa mukena sendiri dari rumah untuk melaksanakan sholat berjama’ah, membawa Al-Quran untuk mengaji, berprilaku sopan santun kepada guru, saling menghormati dan ringan dalam bersedekah. Dengan adanya pembiasaan dan pembentukan seperti itu, harapannya tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan mampu dicerminkan di lingkungan luar sekolah. (3) Peran dari semua elemen sangat diperlukan untuk terlaksananya pembentukan karakter religious ini, baik dari guru, orang tua, masyarakat dan peserta didik itu sendiri yang sangat jadi penentu. Dengan adanya semua peran yang ikut berkontribusi diharapkan Pendidikan karakter berbasis religius ini membuahkan hasil yaitu semakin mulia akhlaknya dan selalu mendapatkan pandangan kasih sayang dari Allah SWT. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Pembentukan Karakter, Karakter Religius
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:12 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35088 |
Actions (login required)
View Item |