PERAN DAN TANTANGAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

STIAWAN, RIZAL AGUS (2024) PERAN DAN TANTANGAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000118_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000118_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang peran dan tantangan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran PAI. Penelitian dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang karena sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum merdeka dan belum ada peneliti yang membahas tentang peran dan tantangan kepala sekolah dalam mimplementasi kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk 1) Mengetahui peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran PAI di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. 2) Mengetahui tantangan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran PAI di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. 3) Mengetahui adanya factor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran PAI di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi di sekolah. Kemudian wawancara kepada narasumber terkait informasi yang ingin didapatkan, dan melakukan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin dan supervisor, selai itu kepala sekolah sebagai pengawas dalam implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran PAI. Tantangan yang dihadapi kepala sekolah ialah sarpras yang kurang serta kurangnya pemahaman dan cara mengelolanya. Factor pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran PAI ialah kelas, teknologi, laboratorium, perpustakan, dan buku modul sesuai kurikulum, serta didukung oleh masyarakat dan pemerintah. Sedangkan factor penghambat salah satunya ialah kurangnya pemanfaatan SDM dan pengadaan sarana prasarana. Kata kunci : Peran dan Tantangan, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:34
Last Modified: 02 Aug 2024 01:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35082

Actions (login required)

View Item View Item