IMPLEMENTASI METODE MAHFUẒAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI MADRASAH MIFTAHUL ULUM DESA BABAKAN KABUPATEN TEGAL

FARIZ, NUR RIZQI MIFTAH AL (2024) IMPLEMENTASI METODE MAHFUẒAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI MADRASAH MIFTAHUL ULUM DESA BABAKAN KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000108_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Al - Qur’an Sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupannya agar memperoleh kebahagian lahir dan bathin, di dunia dan di akhirat kelak. Konsep konsep yang dibawa Al-Qur’an selalu relevan dengan problem yang dihadapi manusia. Halim (dalam Al-Muanawar) menyebutkan sebagai sumber utama ajaran Islam, Al-Qur’an dalam membicarakan suatu masalah sangat unik, tidak tersusun secara sistematis sebagaimana buku-buku ilmiah yang dikarang oleh manusia. Definisi pendidikan agama Islam dan beberapa definisi pendidikan Islam, terdapat kemiripan makna yaitu keduanya sama-sama mengandung arti pertama adanya usaha dan proses penanaman sesuatu (pendidikan) secara kontinue. Kedua,adanya hubungan timbal balik antara orang pertama (orang dewasa, guru, pendidik)kepada orang kedua, yaitu peserta dan anak didik. Ketiga, adalah akhlakul karimah sebagai tujuan akhir. Namun tidak kalah pentingnya dari aspek epistemologi bahwa pembinaan dan pengoptimalan potensi penanaman nilai-nilai Islam dalam jiwa, rasa dan pikir serta keserasian dan keseimbangan. Membahas terkait konsep Pendidikan agama Islam Muhaimin mengutarakan bahwasanya Pendidikan agama Islam meliputi istilah definisi dari : ta’lim, idris serta tarbiyah Ilmu tajwid adalah salah satu ilmu yang dipelajari ketika belajar Al-Qur’an sama halnya dengan makharijul huruf ilmu ini juga sangat penting karena mengatur panjang pendek dan dengungan dalam Al-Qur’an yang mempengaruhi arti dari ayat Al-Qur’an tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi metode mahfuẓah dalam pembelajaran tajwid di madrasah Miftahul Ulum Desa Babakan Kabupeten Tegal. penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan Madrasah Miftahul ulum Desa Babakan mengimplementasikan metode mahfuẓah dengan cara menghafal bait bait nadzoman kitab hidayatusy syibyan. Kata kunci : ilmu tajwid, pendidikan agama islam, metode mahfuẓah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:06
Last Modified: 01 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35076

Actions (login required)

View Item View Item