Mukhsinin, Muhammad (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs NU MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000088_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000088_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
Abstract
Metode Mind Mapping sebagai salah satu usaha guru SKI untuk mencapai tujuan pembelajaran, metode Mind Mapping perlu diteliti keefektifannya bagi peserta didik MTs Nahdlatul Ulama Mranggen Demak, mengetahui pemahaman guru PAI tentang model pembelajaran Mind Mapping, mengetahui hasil dari pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen Demak. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan jenis metode kuantiitatif dengan analisis data menggunakan SPSS 22 serta bantuan perhitungan menggunakan MS Exel, dalam pengambilan data menggunakan penyebaran Angket, Observasi, dan Dokumentasi, kemudian diolah dengan Teknik analisis data, pengujian Validitas, Reliabilitas, Asumsi Klasik serta Uji Hipotesis. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa Perbandingan T-hitung sebesar 7,269 < T-tabel sebesar 1,99837, hasil tersebut memiliki hasil yang Signifikan terhadap Variabel X dengan Variabel Y. Uji F menggunakan F-hitung 52.840 > F-tabel 3,991, yang dimana Variabel X dapat mempengaruhi Variabel Y secara simultan, hasil Uji R2 pada R square 0.456 atau 45,6% > 35,1% variabel (X) secara simultan terdapat pengaruh pada variabel (Y). Kata Kunci: mind mapping, hasil belajar, sejarah kebudayaan islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35069 |
Actions (login required)
View Item |