IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AL-ANWAR REMBANG TAHUN AJARAN 2023/2024

SIROTJUDDIN, M. (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AL-ANWAR REMBANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000079_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang berfokus pada pembinaan bakat individu dan pengembangan karakter peserta didik. Karakter peserta didik dapat terbentuk melalui pembentukan kebiasaan yang positif dan menjauhi kebiasaan negatif melalui bimbingan, latihan, dan upaya keras. Pendekatan-pendekatan tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sesuai dengan kurikulum Merdeka. SMP Al-Anwar adalah sekolah yang sudah menerapkan kurikulum Merdeka dengan beragam pembiasaan baik yang mampu membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Al-Anwar Rembang, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan uji keabsahan data yaitu Triangulasi Sumber. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa proses perencanaan implementasi kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terencana dengan penyusunan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, serta modul ajar yang sejalan dengan visi dan misi sekolah. Pada tahap pelaksanaan kurikulum, pembelajaran berfokus pada peserta didik serta mengimplementasikan profil pelajar pancasila dalam semua dimensi. Tahap evaluasi dilakukan dengan cukup baik, dilihat dari kesiapan guru dalam pelaksanaan asesmen formatif dan asesmen sumatif yang terlaksana dengan baik dan dapat diikuti oleh seluruh peserta didik. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:56
Last Modified: 01 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35066

Actions (login required)

View Item View Item