STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DI MAN 1 KOTA SEMARANG 2023/2024

SAPUTRA, IRFAN RAIS (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DI MAN 1 KOTA SEMARANG 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000062_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran aqidah akhlak dalam Membentuk karakter islami peseta didik di Madrasah Aliyah Negri 1 Kota Semarang 2023-2024 dan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan Guru akidah Akhlak dalam Membentuk karakter islami peserta didik Madrasah Aliyah Negri 1 Kota Semarang Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif Penelitian dilakukan pada saat interaksi berlangsung di lapangan. Peneliti mengamati, mencatat, mempertanyakan, menggali sumber-sumber yang berkaitan erat dengan peristiwa yang terjadi pada saat itu. Lokasi penelitian Madrasah Aliyah Negri 1 Kota Semarang. Jenis dan sumber data yang digunakan yakni primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Peneliti menyatakan proses pembelajaran akidah akhlak yang ada di Madrasah Aliyah Negri 1 Kota Semarang menekankan pada metode seperti membuka ruang diskusi dengan memberikan materi-materi yang terkait dengan nilai-nilai islam, dan memberikan contoh-contoh yang dapat di amalkan di kehidupan nyata dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negri 1 kota semarang, guru menerapkan kebiasaan untuk selalu berdoa bersama-sama sebelum dimulainya proses pembelajaran akidah akhlak hal ini adalah salah satu upaya guru dalam Membentuk karakter islami siswa-siswi, guru juga menekankan perlunya pembelajaran akidah akhlak yang relevan dengan kontek sosial dan budaya siswa, sehingga memastikan nilai-nilai yang diajarkan dapat diterapkan dengan lebih baik Hasil penelitian menyatakan strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam Membentuk karakter islami di Madrasah Aliyah Negri 1 Kota Semarang, strategi yang digunakan oleh guru, yaitu mengintegrasikan, pembelajaran interaktif dan relevan, dan melibatkan orang tua dalam Membentuk karakter islami Siswa, pembelajaran ini memungkinkan siswa menerima informasi tentang nilai-nilai Islam secara langsung dari guru atau sumber yang memadai, salah satu contohnya diskusi kelompok, dengan diskusi kelompok ini memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mempertimbangkan berbagai perspektif, dan memahami nilai-nilai Islam melalui dialog dan interaksi dengan sesama. Kata Kunci : Strategi pembelajaran, Guru akidah akhlak, Karakter Islami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:40
Last Modified: 01 Aug 2024 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35062

Actions (login required)

View Item View Item