PERAN SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT Pegadaian Kantor Cabang Kudus)

KHOIRUDDIN, NASRUL (2024) PERAN SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT Pegadaian Kantor Cabang Kudus). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300058_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Perkembangan media sosial semakin maju dan memberikan peluang bagi perusahaan sebagai alat untuk melakukan pemasaran. Media sosial memberikan dampak yang besar dalam strategi bisnis dan membawa perubahan yang drastis terhadap strategi pemasaran. Social Media Marketing (SMM) bertujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasar dan minat beli pelanggan. Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan dari kualitas yang diberikan perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan layanan pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh social media marketing (SMM) dan service quality (kualitas layanan) terhadap customer loyality (loyalitas pelanggan) dengan dimediasi oleh satisfaction (kepuasan) pelanggan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan nasabah PT Pegadaian Cabang Kudus. Data yang digunakan adalah data primer dengan 100 responden. Analisis yang digunakan dengan metode SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuh hipotesis menyatakan signifikan. Social media marketing, service quality (kualitas layanan) dan satiffaction (kepuasan) berpengaruh positif terhadap cutomer loyalty (loyalitas pelanggan). Kata Kunci: social media marketing (SMM), service quality (kualitas layanan), satisfaction (kepuasan), customer loyalty (loyalitas pelanggan)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:28
Last Modified: 01 Aug 2024 04:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35060

Actions (login required)

View Item View Item