IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS GERAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SDN 06 KENDALSARI PEMALANG

MILADIA, FIYA (2024) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS GERAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SDN 06 KENDALSARI PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000054_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000054_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri 06 Kendalsari Pemalang yaitu program shalat dzuhur berjamaah pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi untuk meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengaplikasikan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Tahap perencanaan: melalui rencana kerja sekolah, yaitu pembentukan tim pengembang, pengenalan potensi sekolah, pengenalan program PPK melalui proses sosialisasi, perumusan visi dan misi sekolah yang sesuai dengan program PPK, merancang kebijakan sekolah yang sesuai dengan program PPK, serta perumusan program; 2) Tahap pelaksanaan: melalui dua pendekatan. Pendekatan utama yaitu pendekatan berbasis kelas, dan pendekatan pendukung atau penunjang yaitu pendekatan berbasis budaya sekolah. Pendekatan berbasis kelas digunakan untuk memberikan penghayatan, penanaman, dan penguasaan nilai-nilai karakter religius yang terkandung dalam gerakan shalat dzuhur berjamaah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sedangkan, berbasis budaya sekolah digunakan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui pembiasaan atau praktik gerakan shalat dzuhur berjamaah; 3) Tahap evaluasi: melalui dua penilaian. Penilaian pertama, pendekatan berbasis kelas dilakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penilaian sikap yang kemudian hasil penilaiannya dicantumkan pada rapor siswa. Penilaian kedua, pendekatan berbasis budaya sekolah melalui evaluasi diri yaitu dengan siswa mampu menyadari perubahan karakter yang ada dalam dirinya, evaluasi ini dilakukan secara mandiri. Kata kunci : PPK, Karakter Religius, Gerakan Shalat Dzuhur Berjamaah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:38
Last Modified: 01 Aug 2024 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35058

Actions (login required)

View Item View Item