MODEL PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING, MARKETING CAPABILITY DAN MARKETING INNOVATION

Faizi, Muhammad Nur (2023) MODEL PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING, MARKETING CAPABILITY DAN MARKETING INNOVATION. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300004_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Saat ini, Indonesia sedang berusaha mencapai pembangunan ekonomi nasional dan pertumbuhan ekonomi sebagai bagian dari proses pembangunannya. Pendapatan nasional adalah salah satu indikator utama untuk mengukur kemajuan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. UMKM memiliki dampak yang signifikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap pertumbuhan ekonomi regional, serta terhadap perekonomian secara keseluruhan di tingkat nasional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pemasaran digital dan kemampuan pemasaran terhadap kinerja pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Blora dengan inovasi pemasaran sebagai variabel mediasi. Teknologi digital telah menjadi faktor penting dalam mengubah lanskap bisnis, terutama bagi UMKM dalam upaya meningkatkan daya saing dan pertumbuhannya. Melalui pendekatan kuantitatif, data akan dikumpulkan dari pemilik atau manajer UMKM yang menggunakan teknologi digital dalam kegiatan pemasaran mereka. Penelitian ini melibatkan pelaku UMKM di Kabupaten Blora sebagai responden dengan total 103 UMKM. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai metode alternatif untuk Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menjelaskan hubungan antara pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran, kemampuan pemasaran terhadap kinerja pemasaran dan inovasi pemasaran serta juga inovasi pemasaran terhadap kinerja pemasaran yang memiliki pengaruh signifikan, kecuali untuk hubungan antara pemasaran digital dan kinerja pemasaran. Kata kunci: Digital Marketing, Marketing Capability, Marketing Performance, UMKM, Marketing Innovation

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:27
Last Modified: 31 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item View Item