KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR Studi Empiris di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Arut Selatan

Jaini, Hasbullah (2024) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR Studi Empiris di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Arut Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200172_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200172_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kinerja guru di sekolah dasar di Kecamatan Arut Selatan. Kepemimpinan transformasional adalah konsep yang melibatkan pemimpin yang mampu menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan bawahannya menuju visi yang lebih besar. Motivasi kerja meliputi faktor-faktor internal dan eksternal yang mendorong individu untuk mencapai tujuan dan meningkatkan kinerja mereka. Kinerja guru merupakan hasil dari usaha mereka dalam mengajar dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 130 guru dari berbagai sekolah dasar di Kecamatan Arut Selatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru. Selain itu, motivasi kerja juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemimpin yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang efektif dapat meningkatkan motivasi kerja guru, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja mereka dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman mengenai pentingnya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja bagi kepala sekolah serta upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:26
Last Modified: 31 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35021

Actions (login required)

View Item View Item