IKLIM ORGANISASI, ANTUSIASME KERJA DAN KEPUASAN KERJA GURU STUDI EMPIRIS DI SEKOLAH DASAR SE KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

ARYATNI, NURLINI (2024) IKLIM ORGANISASI, ANTUSIASME KERJA DAN KEPUASAN KERJA GURU STUDI EMPIRIS DI SEKOLAH DASAR SE KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200161_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200161_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi meningkatkan kepuasan kerja guru sekolah dasar melalui peningkatan iklim organisasi dan antusiasme di Kabupaten Kotawaringin Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory research yang bertujuan untuk memahami keterkaitan antara variabel-variabel yang diteliti, yaitu iklim organisasi, antusiasme kerja, dan kepuasan kerja guru. Sampel penelitian terdiri dari 150 guru sekolah dasar ASN di Kabupaten Kotawaringin Barat, dipilih melalui metode non probability sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru, begitu juga dengan antusiasme kerja guru. Selain itu, antusiasme kerja guru juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja mereka. Temuan ini menyoroti pentingnya memperhatikan faktor-faktor seperti iklim organisasi dan antusiasme kerja dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja guru di lingkungan sekolah dasar. Kata Kunci : iklim organisasi; antusiasme kerja; kepuasan kerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:57
Last Modified: 31 Jul 2024 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35009

Actions (login required)

View Item View Item