PERAN HALAL PRODUCT KNOWLEDGE DAN HALAL PRODUCT AWARENES DALAM MENINGKATKAN REPURCHASE INTENTION PRODUK HALAL

Hidayat, Farog (2024) PERAN HALAL PRODUCT KNOWLEDGE DAN HALAL PRODUCT AWARENES DALAM MENINGKATKAN REPURCHASE INTENTION PRODUK HALAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200145_fullpdf.pdf

Download (987kB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200145_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)

Abstract

Seorang muslim dituntut untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk yang halal. Di Indonesia, ketentuan label halal tercantum dalam Undang-Undang RI No.33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, di pasal 4 yang menyebutkan bahwa: “Produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal”. Produk halal merupakan produk yang telah dinyatakan halal sesuai syariat Islam. Maka, industri makanan saat ini berlomba-lomba untuk memproduksi makanan yang halal. Usaha untuk memberi perlindungan yang memadai atas kepentingan konsumen ialah sesuatu hal yang cukup mendesak dan penting untuk segera mencari solusinya. Kemunculan masalah ini dikarenakan konsumen yang kian kritis dalam berbelanja dan mengonsumsi sebuah produk dan perlu adanya kepastian mengenai produk pangan yang dikonsumsinya baik dari susi kualitas dan legalitas yang Halalan Thayyiban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (Explanatory research), populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen makanan halal Indomie, Sarden ABC, Bimoli, Coca Cola, yang tak terhitung jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan pursposive sampling dan terpilih 217 responden. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Partial least square (PLS-SEM) dengan alat analisis Smart PLS 3.0. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Halal Product Knowledge berpengaruh terhadap halal product awareness, Halal product knowledge tidak berpengaruh terhadap repurchase intention produk halal dan Halal product awareness berpengaruh terhadap repurchase intention produk halal. Kata Kunci: Product Knowledge, Repurchase intention, Product Awareness, Produk Halal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:59
Last Modified: 30 Jul 2024 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34979

Actions (login required)

View Item View Item