PENGARUH EDUKASI MENYUSUI IBU HAMIL PADA PENINGKATAN EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUI DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA KABUPATEN KENDAL

SYAJIDAH, RIZKI AMALYA (2024) PENGARUH EDUKASI MENYUSUI IBU HAMIL PADA PENINGKATAN EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUI DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kebidanan_32102000047_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Kebidanan_32102000047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Pemberian ASI eksklusif secara global menunjukkan prevelensi menyusui secara eksklusif pada bayi berusia 0 hingga 6 bulan hanya sebesar 38%. Tahun 2021, 69,7% bayi di Indonesia telah mendapatkan ASI eksklusif. Angka ini masih jauh dibandingkan dengan pencapaian ASI eksklusif di daerah Kendal yang hanya mencakup 55%. Penelitian menunjukan bahwa peluang penghentian pemberian ASI eksklusif menurun sebesar 80% ketika efikasi diri dalam menyusui juga menurun karena ketidakpahaman ibu mengenai menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan kelompok yang diberikan dan tidak diberikan edukasi menyusui pada saat prenatal terhadap peningkatan efikasi diri dalam menyusui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III di wilayah kerja Kabupaten Kendal. Metode teknik Randomized Control Trial sebanyak 102 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian edukasi menyusui ibu hamil dengan peningkatan efikasi diri menyusui. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengolahan data posttest menggunakan SPSS dengan hail pvalue 0,022<0,05. Kata Kunci: ASI eksklusif, edukasi, BSES, efikasi diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:11
Last Modified: 31 Jul 2024 01:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34970

Actions (login required)

View Item View Item