MODEL PENINGKATAN PERILAKU INOVATIF BERBASIS AKUISISI PENGETAHUAN DAN BERBAGI PENGETAHUAN PROYEK PERUBAHAN DENGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI PADA PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Oetami, Elok Retno (2024) MODEL PENINGKATAN PERILAKU INOVATIF BERBASIS AKUISISI PENGETAHUAN DAN BERBAGI PENGETAHUAN PROYEK PERUBAHAN DENGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI PADA PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200134_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kuat atau lemahnya peran penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mempengaruhi hubungan antara akuisisi pengetahuan dan berbagi pengetahuan Proyek Perubahan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Proper Diklat PIM) terhadap peningkatan perilaku inovatif. Sebanyak 83 (delapan puluh tiga) responden dipilih sebagai sampel dari 365 (tiga ratus enam puluh lima) pejabat struktural Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat. Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, dengan syarat yaitu pejabat yang telah melaksanakan Diklat PIM pada tahun 2022 hingga 2023 dan mengikuti Diklat PIM sesuai dengan jabatan terakhirnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner melaluji link googleform. Data diolah menggunakan SmartPLS 4.1.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuisisi pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku inovatif dan berbagi pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku inovatif. Namun, penggunaan TIK tidak mempengaruhi hubungan antara akuisisi pengetahuan terhadap perilaku inovatif; sedangkan penggunaan TIK malah memperlemah hubungan antara berbagi pengetahuan terhadap perilaku inovatif. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa penggunaan TIK, akuisisi pengetahuan, dan berbagi pengetahuan mempengaruhi perilaku inovatif sebesar 63,5%, sedangkan 36,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor diluar model penelitian (dari R 2 adjusted). Kata Kunci: akuisisi pengetahuan, berbagi pengetahuan, perilaku inovatif, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:48
Last Modified: 30 Jul 2024 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34963

Actions (login required)

View Item View Item