INCREASING CUSTOMER STICKINESS BASED ON SOCIAL SUPPORT AND CUSTOMER ENGAGEMENT

Rustiawan, Rizal (2024) INCREASING CUSTOMER STICKINESS BASED ON SOCIAL SUPPORT AND CUSTOMER ENGAGEMENT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200036_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi model empiris peran variabel dibawah konstruk Social Support – Emotional Support dan Informational Support – terhadap variable dibawah konstruk Customer Engagement – Conscious Perticipation, Enthusiasm, dan Sosial Interaction – untuk meningkatkan Customer Stickiness bagi pelanggan Generasi Milenial Sharing Economy Platform di Jawa Tengah. Model empiris dibangun berbasis theory Engagement. Untuk kepentingan ini sekitar 220 Generasi Milenial pengguna sharing economy platform yang berusia di atas 18 tahun disurvey secara online dan datanya dianalisis menggunakan model persamaan struktural (SEM) program Smart PLS 3. Studi ini menemukan bahwa Emotional Support berpengaruh terhadap Conscious Participation dan Enthusiasm, akan tetapi Emotional Support tidak berpengaruh terhadap Social Interaction. Selanjutnya, Informational Support berpengaruh terhadap Conscious Participation, Enthusiasm, dan Social Interaction. Begitupula Enthusiasm dan Social Interaction berpengaruh terhadap Customer Stickiness. Akan tetapi Conscious Participation tidak berpengaruh terhadap Customer Stickiness. Karena itu hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendekatan Customer Engagement dan Customer Stickiness. Penelitian ini juga juga menawarkan wawasan penting bagi manajer Sharing Economy Platform. Kata Kunci : Emotional Support, Informational Support, Conscious Perticipation, Enthusiasm, Social Interaction, Customer Stickiness.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:46
Last Modified: 30 Jul 2024 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34927

Actions (login required)

View Item View Item