ANALISIS PERAN ELEMEN FRAUD DIAMOND THEORY SEBAGAI PENDETEKSI TERJADINYA KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Subsektor Perbankan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)

WULANDARI, DWI PUTRI (2024) ANALISIS PERAN ELEMEN FRAUD DIAMOND THEORY SEBAGAI PENDETEKSI TERJADINYA KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Subsektor Perbankan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000277_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000277_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Kasus mengenai kecurangan laporan keuangan (fraud) masih menjadi masalah yang kerap terjadi dalam dunia bisnis hingga saat ini, terutama pada perusahaanperusahaan besar. Dapat dikatakan bahwa memang tidak ada suatu lembaga perusahaan yang benar-benar dapat terbebas dari kemungkinan terjadinya tindakan fraud. Pendeteksian kecurangan laporan keuangan tidak selalu mendapatkan titik terang karena adanya beberapa motivasi yang melatarbelakanginya dan juga metode yang digunakan oleh para pelaku dalam melakukan tindakan kecurangan laporan keuangan. Salah satu cara pendeteksiaan yang dapat dilakukan melalui analisis peran dari elemen teori fraud diamond yang terdiri dari empat elemen yaitu tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kapabilitas. Elemen-elemen tersebut diproksikan dengan stabilitas keuangan, ketidakefektifan sistem pengawasan, pergantian auditor, dan masa jabatan CEO. Kecurangann laporan keuangan diukur dengan menggunakan F-Score model. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder berupa annual report. Populasi dalam penelitian ini perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan sampelnya perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 34 Bank dengan periode pengamatan 3 tahun dan outlier data sebanyak 15, jadi data yang diolah 87 data. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik dengan bantuan alat analisis yaitu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stabilitas keuangan berpengaruh negatif terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan, ketidakefektifan sistem pengawasan berpengaruh positif terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan, sedangkan pergantian auditor dan masa jabatan CEO tidak berpengaruh terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan. Kata kunci: fraud diamond theory, F-Score Model, Kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:35
Last Modified: 29 Jul 2024 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34879

Actions (login required)

View Item View Item