Priastama, Gandung (2024) MODEL STRATEGI PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Manajemen_30401700297_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Manajemen_30401700297_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model strategi pemasaran UMKM kuliner di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari wawancara,observasi dan focus group discussion. Wawancara dan focus group discussion dilakukan bersama 4 informan inti yaitu pelaku UMKM kuliner, 2 informan pendukung yang terdiri dari 1 ahli seorang manajer penjualan dan pemasaran di bidang kuliner dan 1 perwakilan pemerintahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Pengujian dalam penelitian ini dengan menggunakan uji kredibilitas data yaitu tentang akurasi informasi dan kesesuaian dengan realitas dengan cara kembali lagi ke lapangan, pemeriksaan kembali data, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat digunakan UMKM kuliner di kota Semarang adalah dengan melakukan strategi memasuki pasar yaitu dengan Riset Pasar, Segmenting, Targeting, Positioning, kemudian dengan strategi Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan didukung dengan strategi Customer Relationship Management untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Kata Kunci : Marketing Mix, Segmenting, Targeting, Positioning, Customer Relationship Management.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:18 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:18 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34803 |
Actions (login required)
View Item |