ANALISIS DETERMINAN DALAM KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Semarang)

Nailufa, Diva Hasna (2024) ANALISIS DETERMINAN DALAM KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000317_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000317_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas aparatur daerah, pemanfaatan teknologi informasi, penerapan good governance, dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data penelitian berupa data primer yang bersumber dari jawaban atas kuesioner yang telah disebarkan kepada pegawai yang memenuhi kriteria penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil teknik tersebut, didapatkan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi software SPSS 26.0 untuk dijadikan alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas aparatur daerah dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Semarang. Sedangkan penerapan good governance dan sistem pengendalian intern tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Semarang. Kata Kunci: Aparatur Daerah, Teknologi Informasi, Good governance, Pengendalian Intern, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:44
Last Modified: 23 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34792

Actions (login required)

View Item View Item