MEMAKSIMALKAN NILAI PERUSAHAAN MELALUI CARBON EMISSION DISCLOSURE, GREEN INNOVATION, DAN GREEN INTELLECTUAL CAPITAL (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

HANIYAH, ALFI ROHMATUL (2024) MEMAKSIMALKAN NILAI PERUSAHAAN MELALUI CARBON EMISSION DISCLOSURE, GREEN INNOVATION, DAN GREEN INTELLECTUAL CAPITAL (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000271_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000271_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan penilaian atas kepercayaan dari pihak eksternal terhadap perusahaan yang berhubungan dengan kualitas kinerja usaha yang tercermin dalam harga saham. Meningkatnya nilai perusahaan akan mendorong prospek kinerja yang baik di masa depan. Untuk menunjang keberlanjutan di masa depan, perusahaan mempunyai kewajiban untuk berkontribusi dalam aspek 3P (profit, people, dan planet) yang dapat mendukung performa perusahaan dan memberikan produk atau layanan yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh carbon emission disclosure, green innovation, dan green intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 121. Data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan. Metode sampel analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Carbon Emission Disclosure berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan., Green Innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan Green Intellectual Capital berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lainnya atau menggunakan objek penelitian industri lain, perusahaan dapat memperbaiki kualitas pelaporan aspek Carbon Emission Disclosure, Green Innovation, dan Green Intellectual Capital dengan komponen standar pelaporan yang telah dianjurkan, dan pengambilan keputusan investasi bukan hanya mengedepanakan profit, tetapi juga aspek lingkungan sehingga mendukung keunggulan kompetitif dan memberikan keberlanjutan perusahaan di masa depan. Kata kunci : Nilai Perusahaan; Carbon Emission Disclosure; Green; Innovation; dan Green Intellectual Capital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:24
Last Modified: 25 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34778

Actions (login required)

View Item View Item