PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Shofiana, Malikha (2024) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000092_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial terhadap tax avoidance pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang sesuai dengan kriteria dalam penelitian ini sebanyak 80 data penelitian dengan jumlah perusahaan property dan real estate sebanyak 16 perusahaan setiap masingmasing periode. Namun terdapat 14 data outlier yang harus di keluarkan, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini berkurang menjadi 66 data sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website BEI dan website resmi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage, profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Kata Kunci: Tax Avoidance, Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:31
Last Modified: 24 Jul 2024 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34748

Actions (login required)

View Item View Item