STUDI KEBERADAAN ELEMEN JALUR PEDESTRIAN TERHADAP TINGKAT KENYAMANAN PEJALAN KAKI (STUDI KASUS : JALAN PEMUDA LAWANGSEWU-PARAGON)

NUSADHANI, PRANANING (2024) STUDI KEBERADAAN ELEMEN JALUR PEDESTRIAN TERHADAP TINGKAT KENYAMANAN PEJALAN KAKI (STUDI KASUS : JALAN PEMUDA LAWANGSEWU-PARAGON). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000039_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Pada umumnya kondisi jalur pedestrian di Kota Semarang sudah dapat dikatakan baik dan setiap sisi jalur pedestrian memiliki perlengkapan atau elemen trotoar. Jalur pedestrian di Jalan Pemuda, merupakan jalur pedestrian yang berdekatan dengan kawasan perekonomian atau perdagangan berupa Mall Paragon sering kali dijadikan para PKL sebagai tempat berjualan dan parkir oleh pengunjung serta driver transportasi online. Namun keberadaannya menjadi tidak efektif karena masih banyak motor dan pedagang yang melewati jalur pedestrian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keberadaan elemen jalur pedestrian dan faktor kenyamanan untuk melihat tingkat dari kenyamanan jalur pedestrian di Jalur Pemuda Lawangsewu-Paragon. Metode penelitian menggunakan survey dan kuesioner dengan Teknik analisis deskriptif dan skoring dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa elemen jalur pedestrian Jl Pemuda lengkap oleh 8 elemen yaitu rambu dan marka, lampu penerangan, jalur hijau, tempat duduk dan tempat sampah, halte, papan informasi, drainase, dan bollard. Hasil analisis kategori tingkat kenyamanan menunjukan bahwa jalur pedestrian Jl. Pemuda sudah nyaman bagi pengguna berdasarkan 9 faktor yang digunakan yaitu kejelasan sirkulasi jalur, iklim mikro, kebisingan kendaraan, aroma tidak sedap, keindahan bentuk dan kualitas jalur, kemanan, kebersihan jalur, aksesibilitas, dan kelengkapan elemen. Kata kunci : elemen jalur pedestrian, faktor kenyamanan, jalur pedestrian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:47
Last Modified: 24 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34730

Actions (login required)

View Item View Item