ANALISIS FAKTOR DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index Periode 2019-2022)

Hamidah, Najma (2024) ANALISIS FAKTOR DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index Periode 2019-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900116_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900116_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Indonesia Sharia Stock Index merupakan sarana investor untuk mencari investasi syariah di pasar modal. Tingginya peminat pasar modal syariah dibutuhkan juga pelaporan pertanggungjawab sosial yang sesuai syariah islam sebagai bentuk akuntabilitas terhadap para pemegang saham muslim. Tanggung jawab sosial syariah dapat disebut dengan ISR (Islamic Social Reporting). Sayangnya pengungkapan ISR masih bersifat sukarela dikarenakan belum ada regulasi yang menetapkan kewajiban pengungkapan ISR pada pasar modal syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Profitabilitas, Likuiditas, Dewan Komisaris, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Komite Audit dapat memengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Data diambil menggunakan teknik purposive sampling berupa data sekunder laporan tahunan perusahaan dengan populasi perusahaan-perusahaan di bidang consumer goods non-cyclical yang terdaftar pada Indonesia Sharia Stock Index pada periode 2019-2022. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Likuiditas dan Dewan Komisaris dapat memengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting, sedangkan Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Komite Audit tidak dapat memengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting. Kata kunci : Islamic Social Reporting Disclosure, Profitabilitas, Likuiditas, Dewan Komisaris, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, ISSI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:36
Last Modified: 24 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34680

Actions (login required)

View Item View Item