ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KINERJA BANK KONVENSIONAL (PENDEKATAN BEBERAPA KONPONEN METODE RGEC) (Studi kasus pada bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020)

MUJTAMIAH, LUTHFI (2024) ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KINERJA BANK KONVENSIONAL (PENDEKATAN BEBERAPA KONPONEN METODE RGEC) (Studi kasus pada bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900095_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900095_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Kinerja keuangan bank menggambarkan bagaimana kondisi dan jalannya keuangan bank mulai dari penghimpunan dana, penyaluran dana, maupun pengembalian aset. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepemilikan institusional terhadap kinerja bank konvensional menggunakan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) periode 2018-2020. Penilaian Tingkat kesehatan Bank Umum dilakukan dengan menggunakan metode RGEC: Risk Profile (Profil Resiko) diukur dengan menggunakan rasio NPL dan LDR, Good Corporate Governance (GCG), Earnings (Rentabilitas) diukur dengan menggunakan rasio ROA dan NIM, dan Capital (Permodalan) diukur dengan menggunakan rasio CAR. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank konvensional yang tercatat dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Purposive sampling yaitu proses yang dilakukan oleh peneliti untuk mengidentifikasi populasi berdasarkan karakteristik yang di inginkan. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap npl, 2) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap GCG, 3) institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, 4 kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap CAR. Kata Kunci: kepemilikan institusional, kinerja bank, RGEC, NPL, GCG, ROA, CAR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:37
Last Modified: 24 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34678

Actions (login required)

View Item View Item