PERAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada PT BPR BKK Ungaran)

Waningtyas, Askia Fadila Enggar (2024) PERAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada PT BPR BKK Ungaran). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900024_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, good corporate governance akan digunakan sebagai variabel moderasi untuk mengeksplorasi bagaimana sistem pengendalian internal dan sistem informasi akuntansi mempengaruhi keakuratan laporan keuangan. Sistem pengendalian internal bertujuan untuk menjamin bahwa strategi bisnis mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan. Sementara itu, sistem informasi akuntansi bertujuan untuk membantu dalam memberikan data ekonomi entitas untuk kemudian digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas tinggi juga membutuhkan good corporate governance. Kualitas laporan keuangan yang dihasilkan meningkat seiring dengan peningkatan tata kelola perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT BPR BKK Ungaran. Dalam penelitian ini, kuesioner digunakan sebagai alat pengumpul data. Sebanyak 40 responden, termasuk 10 orang dari bidang akuntansi dan IT, 10 orang dari bidang pemasaran, 10 orang dari bagian audit internal, dan 1 orang dari bidang manajemen resiko, dijadikan sampel dengan menggunakan pendekatan purposive sampling berdasarkan kriteria. Moderated regression analysis adalah teknik yang digunakan untuk analisis data, dengan menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, good corporate governance tidak memoderasi pengaruh sistem pengendalian intern serta good corporate governance tidak mampu memperkuat maupun memperlemah pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan Kata kunci: Sistem Pengendalian Intern, Sistem Informasi Akuntansi, Tata Kelola Perusahaan, Kualitas Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:02
Last Modified: 22 Jul 2024 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34674

Actions (login required)

View Item View Item