STUDI PENERAPAN BRANDING “KAMPUNG TEDUH” TERHADAP DAYA TARIK OBJEK WISATA PANTAI LAKOTA, DESA WAHA, PULAU TOMIA, KABUPATEN WAKATOBI

Puspita, Tiara Nisa (2024) STUDI PENERAPAN BRANDING “KAMPUNG TEDUH” TERHADAP DAYA TARIK OBJEK WISATA PANTAI LAKOTA, DESA WAHA, PULAU TOMIA, KABUPATEN WAKATOBI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31201900054_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31201900054_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Desa Waha merupakan tujuan wisata di wilayah Kabupaten Wakatobi, yang di kenal sebagai Branding “Kampung Teduh. Desa waha memiliki tempat wisata salah satunya adalah Pantai Lakota, yang mana Pantai Lakota terse telah di Branding. Kampung Teduh adalah branding Pantai Lakota yang artinya kampung dengan ketenangan.Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Penerapan Branding “Kampung Teduh” Terhadap Daya Tarik Objek Wisata Pantai Lakota, Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada metode Kualitatif Deduktif Rasionalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Branding "Kampung Teduh" di Pantai Lakota, Desa Waha, telah dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan. Pantai Lakota menonjolkan keindahan view, kawasan pesisir, panorama laut, dan terumbu karangnya. Pembangunan Pantai Lakota memberikan dampak positif terhadap perekonomian, khususnya di Desa Waha, dengan partisipasi aktif pengelola pantai dan masyarakat dalam memperkenalkan Branding "Kampung Teduh" melalui berbagai kegiatan menarik. Upaya pelestarian lingkungan dilakukan dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pembinaan di forum tata kelola wisata. Pemerintah dan masyarakat Desa Waha juga berperan aktif dalam mempromosikan Branding "Kampung Teduh" melalui interaksi langsung dengan wisatawan dan media sosial. Atraksi budaya seperti ritual safara menjadi daya tarik tambahan di kampung yang nyaman dan aman ini. Pantai Lakota, dengan lokasinya yang strategis dekat dengan pelabuhan, menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya, yang pada gilirannya membuka peluang lapangan pekerjaan bagi warga setempat. Kata Kunci: Branding, Daya Tarik, Objek Wisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:22
Last Modified: 23 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34664

Actions (login required)

View Item View Item