PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN SULTAN AGUNG SEMARANG

Rosyida, Atika Rifa (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Gigi_31102000012_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Gigi_31102000012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Pendidikan (RSIGMP) Sultan Agung Semarang. Dimensi SERVQUAL digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangibles (keberwujudan), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Kepuasan pasien dilihat dari ada atau tidaknya gap antara persepsi dan harapan pasien. Penelitian observasional analitik yang dilakukan secara cross sectional dipilih untuk penelitian ini. Populasi dan sampel yang digunakan adalah semua pasien lama maupun baru yang melakukan perawatan rawat jalan maupun rawat inap di RSIGMP Sultan Agung, dan rumus Slovin digunakan dalam mengambil jumlah sampel. Kuesioner digunakan untuk pengambilan data. Penelitian ini menggunakan metode: analisis kuesioner dilakukannya uji validitas dan reliabilitas; analisis SERVQUAL; analisis korelasi antar variabel menggunakan uji korelasi Somers’d; analisis hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya gap ini terjadi akibat harapan pasien dengan kualitas pelayanan yang diberikani oleh RSIGMP Sultan Agung tidak terpenuhi. Dimensi tangible dan responsiveness memiliki nilai gap yang sama dan paling tinggi yaitu -0,28. Hasil uji korelasi Somers’d diperoleh nilai p-value sebesar 0,766 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulannya kualitas pelayanan memengaruhi secara positif terhadap kepuasan pasien di RSIGMP Sultani Agung dengan prioritas perbaikan pada dimensi tangibles dan responsiveness. Kata Kunci : kuailitas pelayanan, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:59
Last Modified: 22 Jul 2024 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34632

Actions (login required)

View Item View Item