HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE ISKEMIK Studi Observasional Analitik di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang

Fiona, Maulita (2024) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE ISKEMIK Studi Observasional Analitik di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000108_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Stroke iskemik ditandai dengan gangguan koordinasi, hemiparesis, hemiplegia, gangguan verbal, dan emosional. Perubahan perilaku serta emosi berupa kecemasan merupakan respon psikologis yang umum dialami oleh pasien stroke. Dampak yang ditimbulkan akibat stroke iskemik berpengaruh pada penurunan kualitas hidup sehingga menyebabkan penderita stroke mengalami kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pada pasien stroke iskemik. Penelitian observasional analitik dilakukan terhadap pasien stroke iskemik periode Desember 2023 – Januari 2024 di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang dengan rancangan penelitian cross sectional diperoleh 51 sampel. Penelitian yang dilakukan meliputi tingkat kecemasan dan kualitas hidup pada pasien stroke iskemik. Data tingkat kecemasan tersebut diperoleh menggunakan kuesioner DASS-42 sedangkan untuk kualitas hidup diperoleh dari kuesioner SS-QOL. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan kualitas hidup pada pasien stroke iskemik. Karakteristik pasien berdasarkan usia yaitu lansia awal 46-55 tahun (7,8%), lansia akhir 56-65 tahun (56,9%), dan manula >65 tahun (35,3%) sedangkan berdasarkan jenis kelamin, pasien laki laki (52,9%) dan perempuan (47,1%). Data tersebut diolah diIBM Statistic SPSS 25 dengan nilai p-value 0,006 (<0,05) yang menandakan adanya hubungan bermakna antar kedua variabel. Hasil nilai korelasi Spearman Test menunjukan nilai r = -0,381 yang berarti korelasi antara variabel tersebut memiliki kekuatan yang lemah dan arah hubungan mengarah negatif yang berarti semakin tinggi tingkat kecemasan pasien stroke iskemik semakin rendah kualitas hidupnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kecemasan berhubungan signifikan dengan kualitas hidup pada pasien stroke iskemik. Kata kunci: Tingkat Kecemasan, Kualitas Hidup, Stroke Iskemik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:40
Last Modified: 17 Jul 2024 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34586

Actions (login required)

View Item View Item