PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria Ternatea L.) TERHADAP NEKROSIS LAMBUNG (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan galur Wistar (Rattus Norvegicus) yang Diinduksi MSG (Monosodium Glutamate))

Wibowo, David Adi (2024) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria Ternatea L.) TERHADAP NEKROSIS LAMBUNG (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan galur Wistar (Rattus Norvegicus) yang Diinduksi MSG (Monosodium Glutamate)). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000048_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000048_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Kerusakan pada sel-sel lambung dapat ditandai salah satunya yaitu nekrosis sel lambung bilamana meluas dapat menimbulkan ulkus lambung, yang menjadi salah satu penyebabnya dapat dari konsumsi MSG yang berlebih karena hal tersebut dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Ekstrak bunga telang mengandung senyawa yang memiliki kandungan antioksidan berguna dalam mencegah nekrosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak bunga telang terhadap nekrosis lambung pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi MSG. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental menggunakan sampel sejumlah 25 ekor tikus putih jantan, dibagi dalam 5 kelompok secara acak. Kelompok kontrol negatif (diberi pakan standar), kelompok kontrol positif (hanya diinduksi MSG 3mg/gBB/hari), kelompok perlakuan diinduksi MSG sebesar 3mg/gBB dan diberi ekstrak bunga telang (P1: 150mg/KgBB/hari, P2: 300 mg/kgBB/hari, P3: 600 mg/kgBB/hari selama 21 hari). Dilanjutkan pembuatan preparat dan pengamatan histopatologi lambung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS statistik 25. Jumlah rerata sel nekrosis yaitu kelompok K- (0), K+ (8.5±0.4) , P1 (5.9±0.3), P2 (1.4±0.2) dan P3 (1.4±0.1). Jumlah rerata sel nekrosis lambung antar 5 kelompok memiliki perbedaan yang bermakna (0.000). Perbedaan signifikan jumlah nekrosis lambung ditunjukkan oleh semua pasangan kelompok (p<0.05) kecuali pada pasangan kelompok P2 dan P3 dengan p=1 (p>0.05) Kesimpulan dari penelitian menunjukkaan bahwa terdapat pengaruh pemberian ekstrak bunga telang terhadap nekrosis lambung pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi MSG Kata kunci: Monosodium Glutamate, Bunga telang, Nekrosis lambung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:28
Last Modified: 17 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34574

Actions (login required)

View Item View Item