PENGARUH EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) TERHADAP NEKROSIS DUODENUM Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus) yang Diinduksi MSG (Monosodium Glutamate)

Nastavia, Chika (2024) PENGARUH EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) TERHADAP NEKROSIS DUODENUM Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus) yang Diinduksi MSG (Monosodium Glutamate). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000042_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Kerusakan duodenum bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya konsumsi MSG (Monosodium Glutamate) secara berlebihan. Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) yang dikenal memiliki banyak manfaat terutama antioksidan diharapkan dapat memberikan proteksi pada kerusakan duodenum. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh ekstrak bunga telang terhadap nekrosis duodenum pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi MSG. Penelitian eksperimental laboratorik menggunakan Post Test Only Randomized Control Group Design. Subjek penelitian 25 ekor tikus: kontrol negatif (K-) dengan perlakuan pakan dan minum standar, kontrol positif (K+) yang diberi pakan dan diinduksi MSG (3 mg/gBB/hari), dan 3 kelompok perlakuan yang diinduksi MSG dan diberi ekstrak bunga telang (dosis 150 mg/kgBB/hari, 300 mg/kgBB/hari, dan 600 mg/kgBB/hari). Lama perlakuan 21 hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan SPSS 29. Data dianalisis menggunakan uji Shapiro Wilk untuk menguji normalitas data dan uji Levene untuk menguji homogenitas data. Lalu dilakukan uji Kruskal Wallis untuk melihat perbedaan antar kelompok dilanjutkan uji Mann Whitney untuk menguji perbedaan antar dua kelompok. Jumlah sel nekrosis paling banyak berada di kelompok K(+) dengan rerata 9,4 sel dan yang paling sedikit di kelompok P2 dan P3 dengan rerata 1,4 sel sedangkan P1 reratanya 5,9 sel dan K(-) reratanya 0 sel. Perbedaan jumlah sel nekrosis ditunjukkan pada semua pasangan kelompok (p<0,05), kecuali antara kelompok P2 dengan P3 (p>0,05). Ada pengaruh ekstrak bunga telang terhadap nekrosis duodenum pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi MSG. Kata kunci: Nekrosis duodenum, Ekstrak bunga telang, MSG

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:26
Last Modified: 17 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item View Item