Widodo, Akmal Adyuta (2024) FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP KERJA SAMA TIM PADA PEMBELAJARAN INTERPROFESI SECARA DARING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Kedokteran Umum_30102000012_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Kedokteran Umum_30102000012_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
Abstract
Mahasiswa profesi kesehatan dapat mempelajari kerja sama tim dan kolaborasi interprofesi melalui interprofessional education (IPE), namun IPE daring dapat mengurangi efektivitas kerja sama tim interprofesi. Meskipun demikian, faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kerja sama tim interprofesi dalam IPE daring belum pernah dilaporkan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor prediktor sikap kerjasama tim interprofesi dalam pembelajaran IPE daring. Penelitian observasional dengan desain cross sectional yang melibatkan 529 mahasiswa Unissula yang mengikuti modul IPE 1 tahun akademik 2023/2024. Sikap kerja sama tim interprofesi diukur menggunakan kuesioner Attitude toward Health Care Team Scale. Identitas profesi diukur menggunakan kuesioner Professional Identity. Data terkait latar belakang program studi, jenis kelamin, motivasi masuk program studi kesehatan, kepercayaan diri mengikuti pembelajaran interprofesi, indeks prestasi kumulatif (IPK), dan keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan diambil dari informasi yang dimasukkan oleh mahasiswa saat mengisi kuesioner dalam form google form. Faktor-faktor prediktor dianalisis dengan regresi logistik melalui IBM-SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan 52,7% mahasiswa memiliki sikap negatif terhadap kerja sama tim dan 98,3% mahasiswa memiliki identitas profesi positif. Jenis kelamin, kepercayaan diri mengikuti pembelajaran interprofesi, dan keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan merupakan faktor prediktor sikap kerja sama tim interprofesi (p=0,018; Exp(B)=1,767; CI=1,102-2,833; p=0,000; Exp(B)=1,754; CI=1,376-2,234; p=0,023; Exp(B)=1,327; CI=1,040-1,693). Dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin, kepercayaan diri mengikuti pembelajaran interprofesi, dan keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan merupakan faktor prediktor kuat terhadap sikap kerja sama tim pada IPE daring. Studi lebih lanjut dapat dilakukan dalam lingkup yang lebih besar dan multisenter agar hasil penelitian dapat digeneralisasikan. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Interprofesi (IPE), Kerja Sama Tim Interprofesi (IPT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34568 |
Actions (login required)
View Item |