HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG

SARI, DESY PUSPITA (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kebidanan_32102200025_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Kebidanan_32102200025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Latar belakang : Angka tingkat cyberbullying di Indonesia cukup tinggi, mencapai 45%. Perilaku cyberbullying dapat mengganggu kesehatan mental dan kepercayaan diri korban yang kehilangan kepercayaan diri. Aktif dan berkembangnya fungsi organ reproduksi adalah salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan remaja. Remaja menjadi sangat ingin tahu tentang hal-hal yang dapat mempengaruhi perilaku mereka di media sosial sebagai hasil dari proses ini. Tujuan : untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada remaja. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan metode cross sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu Quota Sampling sebanyak 85 siswa/i. Analisa data menggunakan uji Spearman. Hasil : 67,1% responden dalam penelitian ini berperilaku cyberbullying dan 62,4% masuk dalam kategori tinggi dalam menggunakan media sosial. Terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dan cyberbullying pada remaja dengan nilai p 0,037 (p <0,05). Saran : Diharapkan remaja lebih dapat mengendalikan diri, terutama ketika berinteraksi dengan teman atau orang lain. Mereka juga harus lebih cerdas dalam menggunakan media sosial dan menghindari cyberbullying. Kata kunci : Remaja; Media Sosial; Cyberbullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:19
Last Modified: 07 Jun 2024 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item View Item